Kebersihan area publik merupakan salah satu kunci untuk menciptakan pengalaman tamu di Hotel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebersihan area publik di Hotel Ros In Yogyakarta dalam menciptakan pengalaman positif tamu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif untuk menjelaskan pengalaman positif yang diperoleh tamu terhadap kebersihan area publik Hotel Ros In Yogyakarta. Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara mendalam kepada empat tamu yang menginap di Hotel Ros In dalam waktu tiga bulan terakhir yaitu Februari hingga Maret 2025. Penelitian ini juga melakukan observasi langsung selama tiga bulan di tiga area publik Hotel Ros In Yogyakarta yaitu lobi, restoran, dan meeting room. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi ditemukan bahwa kebersihan di tiga area publik Hotel Ros In Yogyakarta sangat berperan dalam membentuk pengalaman positif tamu. Empat tamu yang merasakan kebersihan optimal area publik Hotel Ros In Yogyakarta cenderung memberikan penilaian positif terhadap keseluruhan pengalaman menginapnya. Hasil observasi juga memperlihatkan adanya kebersihan yang terjaga dengan baik di tiga area publik Hotel Ros In Yogyakarta. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah manajemen hotel harus selalu menjaga kebersihan area publik hotel secara konsisten untuk menciptakan citra hotel melalui pengalaman positif tamu selama menginap.
Copyrights © 2025