Penelitian ini membahas tentang Implementasi Sistem Informasi Administrasi Online Masyarakat Kota Palembang (SIDEMANG) dalam Peningkatan Pelayanan di Kantor Lurah Sako Kota Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui implementasi Sistem Informasi Administrasi Online Masyarakat Kota Palembang (SIDEMANG) dalam pelayanan di Kantor Lurah Sako dan permasalahan dalam implementasi yang dihadapi oleh masyarakat dalam hal kendala pelayanan yang dihadapi oleh pemerintah desa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dua konsep yaitu penerapan SIDEMANG dan pelayanan, dimana untuk mengetahui apakah pelayanan telah menerapkan sistem elektronik melalui aplikasi SIDEMANG agar dapat meningkatkan pelayanan administrasi dengan baik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Diawali dengan teknik pengumpulan data, dimana dalam teknik pengumpulan data penulis melakukan wawancara, observasi, dan teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Sistem Informasi Administrasi Online Masyarakat Kota Palembang (SIDEMANG) telah terlaksana dengan baik namun belum sepenuhnya maksimal. Hal ini dapat dilihat dari masih kurangnya fasilitas yang tersedia, serta kurangnya kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap keberadaan sistem informasi melalui elektronik.Kata Kunci: Pelaksanaan SIDEMANG, PelayananÂ
Copyrights © 2025