Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau
Vol. 1 No. 2 (2016): Juli: Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau

IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN ALGORITMIK SISWA KELAS XI SMAN 4 BANDA ACEH PADA MATERI TERMOKIMIA TAHUN AJARAN 2014/2015

Ismayani, Ade (Unknown)
Hasan, M (Unknown)
Nuzulia, Nuzulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi persentase pemahaman algoritmik dan konseptual siswa pada Materi Termokimia Tahun Ajaran 2014/2015 di Kelas XI-IA SMAN 4 Banda Aceh. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam mengetahui kemampuan pemahaman konseptual dan algoritmik siswa sehingga pembelajaran pada materi termokimia dapat menggunakan model pembelajaran yang tepat dan menghasilkan kemampuan pemahaman konseptual dan algoritmik yang tinggi. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik simple random sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IA berjumlah 50 orang. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes, angket, dan wawancara. Berdasarkan persentase pemahaman konseptual dan algoritmik yang diperoleh pada A1C1 sebanyak 8%, A1C0 sebanyak 4%, A0C1 sebanyak 20%, A0C0 adalah 0% dan sebanyak 68% siswa dengan pemahaman algoritmik dan konseptual sedang. Penelitian ini sangat penting sebagai studi pendahuluan bagi penelitian-penelitian lanjutan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPKUR

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau (JPK UNRI)menerbitkan makalah ilmiah dari hasil penelitian dan Tinjauan literatur dalam Bidang Pendidikan Kimia dan Sains. Makalah ilmiah diterbitkan setelah dilakukan peer review. Hasil penelitian yang dapat diterbitkan dalam bidang pendidikan Kimia (seperti ...