Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau
Vol. 7 No. 2 (2022): Juli: Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau

PENGEMBANGAN LKPD HAKIKAT ILMU KIMIA BERBASIS ETNOSAINS TERINTEGRASI STEAM PADA PEMBELAJARAN DI SMA

Aqilla, Vittorio Tya (Unknown)
Effendi , Effendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Hakikat Ilmu Kimia berbasis Etnosains terintegrasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics) pada pembelajaran di SMA dan mengungkapkan kategori validitas dan praktikalitas LKPD yang dihasilkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Development and Disseminate) namun tahap disseminate tidak dilakukan. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada 5 validator serta angket praktikalitas kepada 2 orang guru kimia dan 25 peserta didik. Data validitas diolah menggunakan rumus skala Aiken’s V dan data praktikalitas diolah menggunakan rumus %NP. Hasil penelitian validitas diperoleh rata-rata sebesar 0,897 dengan kategori valid, sedangkan hasil praktikalitas terhadap guru dan peserta didik diperoleh presentase rata-rata 94% dan 95% dengan kategori sangat praktis. Sesuai dengan hasil penelitian disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan valid dan praktis sehingga bisa diterapkan pada pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPKUR

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau (JPK UNRI)menerbitkan makalah ilmiah dari hasil penelitian dan Tinjauan literatur dalam Bidang Pendidikan Kimia dan Sains. Makalah ilmiah diterbitkan setelah dilakukan peer review. Hasil penelitian yang dapat diterbitkan dalam bidang pendidikan Kimia (seperti ...