Banyaknya guru honorer yang hadir setelah kebijakan penghapusan pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada para guru yang sudah mengabdi lama dalam dunia pendidikan. Hal ini disebabkan oleh kinerja guru honorer yang kurang optimal akibat rendahnya gaji atau upah yang tidak sebanding dengan dedikasi dan pengabdian mereka dalam mengajar untuk negeri ini. Di sekolah MA Nurul Iman para guru honorer di analisa terkait kinerja dalam melakukan proses pembelajaran. Hal yang dapat di analisa tersebut terkait dengan faktor pendukung dan hambatan yang bisa menjadi berhubungan terhadap kinerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan alasan karena peneliti telah memiliki definisi yang jelas tentang subyek penelitian dalam menggali informasi yang dibutuhkan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan juga menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini guru honorer di MA Nurul Iman memiliki kinerja yang cukup baik untuk melakukan proses pembelajaran kepada para siswanya. Para guru selalu memiliki cara untuk membuat muridnya paham dengan pelajaran yang disampaikan. Faktor hambatan yang ada untuk para guru honorer merupakan kurangnya gaji atau tunjangan yang bisa menjadi motivasi guru tersebut berkurang. Faktor pendukung terhadap kinerja guru tersebut yaitu dengan media alat dalam melaksanakan pembelajaran yang lengkap. Kata Kunci: Guru Honorer, Kinerja, Pembelajaran, Faktor pendukung, Faktor hambatan
Copyrights © 2025