juremi: jurnal riset ekonomi
Vol. 4 No. 6: Mei 2025

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS NASABAH MELALUI KEPUASAN NASABAH DI BPRS BHAKTI SUMEKAR CABANG LEGUNG KABUPATEN SUMENEP

Moh. Fajri (Unknown)
Rachmad Hidayat (Unknown)
Sri Rahayu (Unknown)
Rifda Fitrianty (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah sebagai variable intervening di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Legung kabupaten sumenep. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi nasabah BPRS Bhakti Sumekar. Sampel penelitian ini berjumlah 200 responden dengan menggunakan metode statistik. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik penyebaran kuesioner kepada nasabah BPRS Bhakti Sumekar. Metode analisis data dengan menggunakan Structural Equation Modeling -Partial Least Square (SEM PLS) dengan alat bantu Software SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan secara langsung berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di BPRS Bhakti sumekar. Kualitas produk secara langsung berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di BPRS Bhakti sumenep. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di BPRS Bhakti sumekar. Kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di BPRS Bhakti sumekar. Kepuasan nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di BPRS Bhakti sumekar. Kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah di BPRS Bhakti sumekar dan kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas nasabah mealalui kepuasan naabah di BPRS Bhakti sumekar. Hal ini menunjukkan bahwa pentingnya meningkatkan kualitas produk dan kualitas pelayanan agar nasabah merasakan kepuasan dan menciptakan rasa loyalitas nasabah kepada BPRS Bhakti sumekar cabang legung.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Juremi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Juremi: Jurnal Riset Ekonomi is a research base journal published by Bajang Institute. The journal published six times per year. This journal started publishes since 2021 In the following year of publication, the journal is going to publish trianually. Any interested author could submit the ...