Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah sebagai variable intervening di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Legung kabupaten sumenep. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi nasabah BPRS Bhakti Sumekar. Sampel penelitian ini berjumlah 200 responden dengan menggunakan metode statistik. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik penyebaran kuesioner kepada nasabah BPRS Bhakti Sumekar. Metode analisis data dengan menggunakan Structural Equation Modeling -Partial Least Square (SEM PLS) dengan alat bantu Software SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan secara langsung berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di BPRS Bhakti sumekar. Kualitas produk secara langsung berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di BPRS Bhakti sumenep. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di BPRS Bhakti sumekar. Kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di BPRS Bhakti sumekar. Kepuasan nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di BPRS Bhakti sumekar. Kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah di BPRS Bhakti sumekar dan kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas nasabah mealalui kepuasan naabah di BPRS Bhakti sumekar. Hal ini menunjukkan bahwa pentingnya meningkatkan kualitas produk dan kualitas pelayanan agar nasabah merasakan kepuasan dan menciptakan rasa loyalitas nasabah kepada BPRS Bhakti sumekar cabang legung.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025