juremi: jurnal riset ekonomi
Vol. 4 No. 6: Mei 2025

PENGARUH VIRAL MARKETING, INFLUENCER MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MIE GACOAN PAMEKASAN

Angky Ayudia Ardena (Unknown)
Rachmad Hidayat (Unknown)
Sri Rahayu (Unknown)
Rifda Fitrianty (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2025

Abstract

Berkembangnya teknologi internet berdampak pada beragamam aspek kehidupan, salah satunya adalah perkembangan dunia bisnis dan pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Viral Marketing dan Influencer Marketing terhadap keputusan pembelian, dengan minat beli sebagai variabel intervening pada konsumen Mie Gacoan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dan melibatkan 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Viral Marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan Influencer Marketing tidak menunjukkan pengaruh langsung yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Minat beli terbukti menjadi variabel intervening yang memperkuat hubungan antara Viral Marketing dan keputusan pembelian. Penelitian ini memberikan wawasan praktis bagi pelaku usaha kuliner untuk mengoptimalkan media sosial sebagai sarana strategi pemasaran, serta memperkuat literatur tentang efektivitas pemasaran digital dalam konteks bisnis kuliner di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Juremi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Juremi: Jurnal Riset Ekonomi is a research base journal published by Bajang Institute. The journal published six times per year. This journal started publishes since 2021 In the following year of publication, the journal is going to publish trianually. Any interested author could submit the ...