Pada tahun 2023, jumlah anak autis di Indonesia meningkat signifikan, dengan tambahan 500 anak setiap tahun, yang menunjukkan perlunya perhatian khusus dalam pendidikan mereka. Anak-anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) sering mengalami kesulitan dalam berkomunikasi, berinteraksi sosial, serta dalam keterampilan membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengevaluasi media animasi 3D berbasis Surah Al-Ikhlas dan Surah Al-Kautsar sebagai program bimbingan baca-tulis untuk anak-anak autis usia 7-10 tahun. Dengan pendekatan naratif dan karakter interaktif, media ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar serta pemahaman huruf hijaiyah dan pengucapan ayat-ayat Al-Quran. Melalui metode Design Thinking, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuisioner untuk memahami tantangan yang dihadapi anak-anak autis dalam pembelajaran. Hasil pengujian menunjukkan bahwa anak-anak merespons positif terhadap media ini, yang menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif. Selain itu, media animasi ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis anak-anak autis dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif bagi anak-anak dengan autisme, serta memperbaiki kualitas pembelajaran mereka secara keseluruhan.
Copyrights © 2025