Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar pada siswa kelas IX-3 SMP Negeri 4 Medan sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dengan menggunakan media film pendek. Penelitian dilakukan karena berdasarkan observasi ditemukan bahwa siswa kelas IX-3 SMP Negeri 4 Medan memiliki motivasi belajar yang rendah. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX-3 yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan berupa skala psikologis motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum perlakuan, rata-rata skor motivasi belajar siswa adalah 37,54 dalam kategori rendah. Setelah perlakuan, rata-rata skor meningkat menjadi 69,74 dalam kategori tinggi. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara motivasi belajar sebelum dan sesudah perlakuan, yang berarti layanan informasi menggunakan media film pendek terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025