Jurnal Edukatif
Vol 3 No 2 (2025)

Penerapan Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil Menggunakan Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar

Nilam, Siti (Unknown)
Viona Mahwiz, Maria Nur (Unknown)
Faelasup, Faelasup (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2025

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting dalam pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga guru dituntut untuk menguasai berbagai strategi dan metode pembelajaran yang efektif agar tujuan pendidikan tercapai secara optimal. Salah satu keterampilan yang perlu dikembangkan adalah mengajar dalam kelompok kecil, yaitu pembelajaran dengan jumlah siswa terbatas antara 3 sampai 8 orang, yang memungkinkan guru memberikan perhatian lebih intensif dan menciptakan suasana belajar yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Pendekatan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) sangat relevan diterapkan dalam kelompok kecil karena menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran yang aktif merancang, melaksanakan, dan mempresentasikan proyek yang mengintegrasikan prinsip konstruktivisme, pemecahan masalah, dan riset inkuiri. Melalui strategi ini, siswa tidak hanya memahami materi secara mendalam, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, kolaborasi, kreativitas, dan kemandirian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbasis library research dengan mengkaji berbagai literatur terkait, dan menemukan bahwa pembelajaran kelompok kecil yang dipadukan dengan Project Based Learning dapat meningkatkan keaktifan, partisipasi, dan hasil belajar siswa secara signifikan. Strategi ini juga membantu siswa dengan karakter pendiam untuk lebih berani berinteraksi dan mengemukakan pendapat, serta memberikan tantangan yang mendorong siswa untuk merancang solusi, mengambil keputusan, dan melakukan penelitian secara mandiri. Dengan demikian, penerapan pembelajaran berbasis proyek dalam kelompok kecil menjadi solusi efektif untuk mengatasi tantangan dalam proses belajar mengajar dan meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukatif

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukatif is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of education including ...