Journal of Sustainable Community Development (JSCD)
Vol 7 No 1 (2025): Journal of Sustainable Community Development

Pengaruh Reputasi Bank Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia

Srisusilawati, Popon (Unknown)
Devi, Sri (Unknown)
Silviany, Irma Yulita (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Seiring dengan tumbuhnya persaingan pasar antarperbankan syariah, maka bank syariah harus melakukan berbagai strategi untuk terus bertahan. Bank Syariah Indonesia (BSI) yang menjadi bank syariah terbesar di Indonesia. Untuk terus bertahan maka menjaga loyalitas nasabah merupakan salah satu kunci agar BSI dapat tetap bersaing, salah satu caranya dapat dilakukan dengan menjaga reputasi yang baik dan meningkatkan kualitas pelayanan. Namun pada 8 Mei 2023 BSI sempat mengalami gangguan yang menyebabkan lumpuhnya semua sistem transaksi di BSI, hingga saat ini gangguan tersebut masih sering terjadi pada layanan m-banking. Sehingga muncul keraguan nasabah untuk menyimpan kembali dana di BSI. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh reputasi bank dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah baik secara parsial maupun silmultan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian adalah nasabah BSI KCP Bandung UNISBA 2 dengan menggunakan pengambilan sampel random sampling kepada 100 responden, teknik pengumpulan data dengan wawancara, kuesioner, dan juga studi kepustakaan. Uji data menggunakan uji validitas dan reliabilitas untuk menguji keakuratan pertanyaan dalam kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, heterokedastisitas) serta untuk melihat pengaruh menggunakan analisis regresi linier berganda (Koefesien determinasi, uji t secara parsial dan uji F secara simultan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial tidak ada pengaruh signifikan antara reputasi bank dan loyalitas nasabah, tetapi kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Hasil uji secara simultan menunjukkan bahwa jika reputasi bank dan kualitas pelayanan disandingkan maka akan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jscd

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Journal of Sustainable Community Development (JSCD) is published by Sekolah Tinggi Manajemen IPMI with a strong identity of blending the locally embedded and globally connected wisdom. JSCD is a biannual refereed journal concerned with the practice and processes of community development. It provides ...