Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 8, No 1 (2025): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Kesalahan Penulisan Kebahasaan Tataran Ejaan yang disempurnakan (Eyd) dalam Makalah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Nurwahid, Ajid (Unknown)
Hermawan, Agus (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)
Sa'diyah, Lailiyatus (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)
Hadi*, Saptono (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2025

Abstract

Penelitian kali ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis ketidaktepatan penulisan kebahasaan tataran Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dalam makalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Makalah mahasiswa sering kali menunjukkan berbagai kesalahan kebahasaan, mulai dari penggunaan huruf capital, penulisan miring, tanda baca yang tidaksama dengan kaidah EYD. Metode kualitatif digunakan pada penelitian untuk mengevaluasi krtidaksesuwaian tersebut dan mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkannya. Data dikumpulkan melalui analisis dokumen makalah mahasiswa dan wawancara dengan dosen pembimbing. Hasil dari penelitian memaparkan bahwa sebagian besar pemahaman mahasiswa masih belum mumpuni tentang pedoman EYD dengan baik, yang berdampak pada kualitas penulisan akademis mereka. Temuan ini menegaskan perlunya peningkatan pembekalan kebahasaan melalui bimbingan intensif dan penggunaan referensi kebahasaan yang tepat. Dengan demikian, penelitian ini memberikan rekomendasi untuk perbaikan dalam proses pembelajaran dan penilaian penulisan akademis di perguruan tinggi, guna menghasilkan karya ilmiah yang lebih berkualitas dan selaras dengan kaidah kebahasaan yang semestinya. Kata Kunci: Analisis, Ejaan yang disempurnakan, Kesaslahan Kebahasaan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...