Pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi semakin dibutuhkan untuk mendukung proses pembelajaran yang interaktif dan menarik, khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi aksara Jawa Murda untuk siswa kelas VII SMP dengan menggunakan algoritma Fisher-Yates Shuffle. Algoritma ini digunakan untuk mengacak soal, sehingga memberikan pengalaman bermain yang dinamis dan tidak monoton. Game yang dikembangkan berbentuk permainan petualangan dengan lima level, di mana setiap level menyajikan soal pilihan ganda terkait aksara Jawa Murda. Setelah menyelesaikan lima level, pemain akan kembali ke menu utama, dan set soal kedua akan ditampilkan pada sesi permainan berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game ini efektif meningkatkan minat belajar siswa terhadap materi aksara Jawa Murda. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VII dengan hasil yang menunjukkan tingkat kepuasan tinggi terhadap aspek visual, fungsionalitas, dan efektivitas pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran berbasis game ini, diharapkan siswa dapat belajar aksara Jawa Murda dengan lebih menyenangkan dan efisien.Kata Kunci: Media pembelajaran, game edukasi, aksara Jawa Murda, Fisher-Yates Shuffle, siswa SMP.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025