Pedagogik Journal of Islamic Elementary School
VOL 8 NO 1 APRIL 2025

Pengaruh Media Pembelajaran Papan Jurang terhadap Motivasi dan Pemahaman Belajar Siswa Sekolah Dasar

Wardani, Ayu Citra Kusuma (Unknown)
Firmansyah, Ihwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran papan jurang terhadap motivasi dan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas II UPTD SD Negeri Sepulu 1. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan one-group pretest-posttest design. Adapun populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas II sebanyak 61 siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas II-A sebanyak 31 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan soal digunakan untuk mengetahui pemahaman belajar siswa. Uji yang digunakan untuk mengetahui valid dan reliabelnya instrumen yaitu menggunakan uji validitas dan reliabilitas sedangkan metode analisis yang digunakan yaitu uji normalitas dan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran papan jurang berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi dan pemahaman belajar siswa. Berdasarkan hasil uji analisis nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 untuk motivasi. Sedangkan untuk pemahaman nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga ada pengaruh media pembelajaran papan jurang terhadap motivasi dan pemahaman belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PiJIES

Publisher

Subject

Education

Description

PiJIES: PEDAGOGIK Journal of Islamic Elementary School is a peer-reviewed journal which is published by Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Palopo. This Journal publishes manuscripts on research in Islamic education and elementary school. PiJIES features research novelties and ...