Financial technology (fintech) merupakan inovasi di bidang keuangan yang memanfaatkan teknologi untuk menye-diakan layanan keuangan. Di Indonesia, perkembangan fintech sangat pesat dan telah memberikan kemudahan dalam berbagai aspek, seperti pembayaran, pinjaman, dan investasi. E-com-merce memberikan kesempatan bagi konsumen untuk menje-lajahi, memilih, dan membeli berbagai produk atau layanan secara online tanpa batasan waktu dan tempat. Salah satu ino-vasi yang muncul dalam metode pembayaran e-commerce adalah PayLater, yang memungkinkan konsumen untuk mela-kukan pembelian terlebih dahulu dan melakukan pembayaran di kemudian hari. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pe-ngaruh literasi keuangan, gaya hidup, persepsi dan kemampuan finansial terhadap minat menggunakan PayLater. Proses peng-ambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner berda-sarkan kriteria responden. Kriteria responden yang akan digunakan pada penelitian ini adalah masyarakat yang berada di Pulau Jawa dengan usia 20−39 tahun. Berdasarkan kriteria yang tersebut, metode sampling yang akan digunakan adalah metode stratified random sampling dengan penentuan jumlah responden menggunakan rumus Krejcie dan Morgan. Peneliti-an ini menggunakan metode Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan dua tipe data, yaitu data yang mengandung outlier dan data bebas outlier. Hasil penelitian de-ngan 660 responden adalah variabel literasi keuangan dan per-sepsi berpengaruh signifikan terhadap gaya hidup, dimana vari-abel kemampuan finansial tidak memiliki pengaruh yang signi-fikan terhadap variabel gaya hidup. Sedangkan gaya hidup me-miliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel minat meng-gunakan PayLater.
Copyrights © 2024