Manajemen Kepemimpinan transformasional dan pelayanan kepala sekolah telah banyak dikaji dalam berbagai konteks pendidikan, tetapi masih minim penelitian yang membahas implementasinya di sekolah yang berada di lingkungan hutan tropis lembab. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan manajemen kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru melalui kepemimpinan transformasional dan pelayanan di sekolah dasar lingkungan hutan tropis lembab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di sekolah dasar yang berada di lingkungan hutan tropis lembab mencakup empat aspek utama. 1) Perencanaan saat memberikan kebebasan guru dalam menyusun strategi pembelajaran, mendukung pengembangan kompetensi melalui pelatihan, serta mempertimbangkan pemanfaatan teknologi dan kondisi alam. 2). Pengorganisasian dalam pembentukan komunitas belajar (kombel) dan kelompok kerja guru (KKG), kolaborasi dengan masyarakat, serta upaya mengatasi keterbatasan fasilitas melalui pengajuan bantuan. 3). Pelaksanaan mencakup penerapan workshop, pembelajaran berbasis kearifan lokal, pemanfaatan teknologi, serta kebijakan pembelajaran mandiri saat terjadi banjir. 4). Pengawasan dilakukan melalui pemantauan berkelanjutan, evaluasi rutin, motivasi dalam peningkatan kinerja guruTemuan ini menegaskan pentingnya kepemimpinan transformasional dan pelayanan kepala sekolah dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan meningkatkan kinerja guru.
Copyrights © 2025