Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa pada Mata Kuliah Pewarnaan Rambut, yang meliputi aspek kognitif, psikomotor, dan afektif. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 22 mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Konsentrasi Tata Rias. Instrumen yang digunakan meliputi tes pilihan ganda untuk aspek kognitif, lembar observasi keterampilan untuk aspek psikomotor, dan angket sikap untuk aspek afektif. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan uji paired sample t-test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari pretest ke posttest, yaitu dari 62,27 menjadi 83,14 pada aspek kognitif, dari 61,91 menjadi 84,18 pada aspek psikomotor, dan dari 64,73 menjadi 86,64 pada aspek afektif. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) untuk ketiga aspek, yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dengan demikian, penerapan model PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa secara menyeluruh dalam pembelajaran teknik pewarnaan rambut. Temuan ini mendukung pentingnya penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dalam pendidikan vokasional yang menekankan keterampilan praktik dan sikap profesional.
Copyrights © 2025