Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9 No 2 (2025): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 9 Nomor 2 Tahun 2025

Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia

Utami, Dinda (Unknown)
Harahap, Tua Halomoan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran RADEC yang berbantuan media Wordwall terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong, Malaysia. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Experimental dan One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian terdiri dari 7 siswa kelas VI. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian dengan 5 soal. Analisis data dilakukan melalui uji hipotesis menggunakan uji sampel berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara data pretest dan posttest. Rata-rata nilai pretest siswa adalah 49,2857 sebelum penerapan model pembelajaran RADEC, sedangkan rata-rata nilai posttest setelah penerapan adalah 82,8571. Hal ini menunjukkan bahwa nilai posttest siswa setelah perlakuan lebih baik dibandingkan nilai pretest sebelum perlakuan. Kesimpulannya, penggunaan model pembelajaran RADEC yang berbantuan media Wordwall pada materi pecahan berpengaruh positif terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika siswa di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong, Malaysia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...