Kemampuan pembelajaran matematika siswa SMPN 3 di Kabupaten Bangkalan masih tergolong kurang, sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang efektif dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan media pembelajaran berbasis E-Comic interaktif pada materi bangun datar sebagai solusi inovatif dalam proses pembelajaran matematika. Penggunaan media E-Comic interaktif secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa yang menggunakan E-Comic memperoleh nilai rata-rata 76,8%, yang termasuk dalam kategori ‘Tinggi’ dan efektif, dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Penilaian dari para ahli menunjukkan bahwa media ini memiliki kualitas yang sangat baik, dengan penilaian ahli media sebesar 97,22%, ahli materi 79,14%, dan ahli IT 94,44%. Selain itu, siswa juga merasa lebih terlibat dan menikmati proses belajar dengan E-Comic. Media pembelajaran E-Comic interaktif sangat efektif dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi bangun datar, dengan memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan meningkatkan pemahaman siswa melalui pemanfaatan teknologi.
Copyrights © 2025