Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Penelitian dilaksanakan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kelas VII C SMPN 20 Malang yang dilaksanakan dalam siklus yang terus berulang hingga indikator keberhasilan tindakan tercapai. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes akhir siklus, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil pelaksanaan siklus I menunjukkan bahwa masih ada indikator keberhasilan tindakan yang belum terpenuhi, sehingga perlu dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II, persentase ketuntasan peserta didik mencapai 84% dengan nilai rata-rata 80,5, serta keterlibatan aktif peserta didik mencapai 90%. Temuan ini mengindikasikan bahwa indikator keberhasilan tindakan terpenuhi dan model PBL dengan pendekatan CRT terbukti dapat menjadi strategi yang baik dalam membangun pemahaman konsep matematika yang lebih bermakna, relevan, dan kontekstual bagi peserta didik.
Copyrights © 2025