FOUNDASIA
Vol. 16 No. 1 (2025)

Pola Strategi Perencanaan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri

Susanto, Sarah Sasqia Fitriana (Unknown)
Yuliana, Lia (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap pola strategi perencanaan guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri, juga untuk mengetahui pola strategi perencanaan yang efektif untuk digunakan oleh guru SMP Negeri dalam penerapan Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di SMPN 9 Yogyakarta dan SMPN 16 Yogyakarta. Informasi data diambil dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wali kelas 7 dari kedua sekolah tersebut, serta artikel yang terpercaya. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru melakukan koordinasi dengan warga sekolah, utamanya wakil kepala sekolah bidang kurikulum dalam menyusun Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. Guru juga menyusun Capaian Pembelajaran hingga Alur Tujuan Pembelajaran melalui kolaborasi sesama guru mata pelajaran, maupun dalam forum komunitas belajar untuk menyelaraskan strategi mengenai jalannya pembelajaran. Kemudian, terdapat perencanaan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila oleh tim fasilitator. Pola strategi perencanaan yang efektif untuk digunakan oleh guru-guru SMP Negeri adalah dengan konsisten mengikuti proses penerapan Kurikulum Merdeka, menjalin komunikasi yang baik dengan warga sekolah, sekaligus berperan aktif dalam mengikuti kegiatan di komunitas belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

foundasia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

FOUNDASIA is an open access, and peer-reviewed journal. FOUNDASIA will publish the selected articles under the Attribution-Share Alike 4.0 International Creative Commons license. The results of research and analysis contained in the journal accommodate manuscripts on foundations of education ...