Easta Journal of Innovative Community Services
Vol 3 No 03 (2025): Easta Journal of Innovative Community Services (EJINCS)

Literasi Digital dan Etika Bermedia Sosial di Kalangan Remaja

Larasati, Suci (Unknown)
Habie, Riska Octavia (Unknown)
Aisyah, Mitra Riani (Unknown)
Fadel, Moh. (Unknown)
Sintiawati, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Tingginya penggunaan platform seperti TikTok, Instagram, dan Facebook oleh remaja Indonesia yang belum disertai dengan kemampuan mengevaluasi informasi secara kritis maupun memahami prinsip etika digital. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital dan kesadaran etika bermedia sosial di kalangan remaja. Metode yang digunakan meliputi lima tahap: (1) observasi awal dan pemetaan kebutuhan melalui survei, wawancara, dan diskusi kelompok; (2) penyampaian materi edukasi terkait literasi digital, hoaks dan disinformasi, etika bermedia, cyberbullying, dan manajemen screen time; (3) pelatihan pembuatan konten positif menggunakan aplikasi Canva dan CapCut; (4) kampanye digital remaja melalui pameran mini dan siaran langsung Instagram/YouTube; serta (5) evaluasi melalui pre-test dan post-test. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman literasi digital. Semua peserta berhasil menciptakan konten edukatif. Program ini terbukti efektif dalam mendorong perubahan sikap digital remaja dan layak direplikasi di sekolah lain sebagai model edukasi digital yang berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ejincs

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Easta Journal of Innovative Community Services adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel-artikel pengabdian masyarakat dari penerapan berbagai disiplin ilmu. Tujuan publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dicapai dalam bidang pengabdian ...