Jurnal Pendidikan Bahasa
Vol. 13 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Bahasa

Interaksi Berbasis Seluler pada Penilaian Dinamis dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Arab

Mustiah, Mustiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Meskipun banyak penelitian telah dilakukan tentang penilaian dinamis berbasis seluler dalam berbagai konteks pengajaran dan pembelajaran bahasa, sedikit yang diketahui tentang bagaimana dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) mempraktikkan metode penilaian ini dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bahasa Arab. Dengan mengacu pada data dari wawancara semi-terstruktur dan artefak dialog via pesan WhatsApp, studi kasus ini menyelidiki mediasi yang digunakan oleh dosen PAI yang berpengalaman untuk mengembangkan potensi kognitif mahasiswa. Analisis data mengungkapkan bahwa dosen memediasi dengan meminta mahasiswa menterjemah soal, menentukan makna kata, dan penjelasan kata dari perspektif tata bahasa (misalnya nahwu. Analisis juga mengungkapkan bahwa guru menggunakan bahasa yang memotivasi daripada bahasa yang memalukan mahasiswa dalam berdialog. Implikasi pedagogis yang relevan untuk praktik penilaian dinamis dosen PAI, program studi PAI, dosen bahasa Arab dibahas dalam makalah ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bahasa

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini memuat artikel tentang hasil penelitian dan kajian mengenai Pendidikan Bahasa atau serumpunnya yang terbit setiap Juni dan ...