Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas 2 SDN Kaligawe. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Pre-Experimental Design jenis One-group Pretest-Posttest Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 SDN Kaligawe tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 27 peserta didik dengan 12 peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik perempuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji paired sample t-test dan uji N-gain. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa analisis tes hasil pemecahan masalah matematis dengan peningkatan nilai rata-rata 0,5927 < 0,70 sehingga dikategorikan peningkatan skornya adalah sedang. Besarnya signifikansi pengaruh model problem based learning memberikan pengaruh yang signifikan, terbukti dengan uji paired sample t test dengan hasil nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05.
Copyrights © 2025