Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model problem-based learning berbantuan media wordwall terhadap kemampuan menulis peserta didik kelas IV SDN Palebon 02. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimental design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design (Satu Kelompok Pretes-Postes) desain ini terdapat pretest sebelum diberi perlakuan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Palebon 02 tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 27 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji paired sampel t-test. Hasil penelitian di atas setelah dilakukan penerapan model problem based learning berbantuan media wordwall terhadap kemampuan menulis bahasa Indonesia pada materi kalimat berkonjungsi peserta didik kelas IV SD Negeri Palebon 02 diperoleh bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan media wordwall berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik diperoleh dari uji paired sampel t test dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05.
Copyrights © 2025