FIKRAH
Vol 2 No 1 (2018): JUNI

PENGARUH SISWA YANG BERWIRAUSAHA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA BOGOR

Hasanudin, Nur (Unknown)
Ikhtiono, Gunawan (Unknown)
Hamdani, Ikhwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2018

Abstract

Berwirausaha adalah usaha yang dilakukan seseorang untuk melakukan inovasi yang bisa menghasilkan keuntungan ataupun kerugian dalam kehidupannya dan juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Dengan berwirausaha para siswa dapat membantu meringankan biaya sekolah dan kebutuhan keluarganya. Dengan berwirausaha maka secara perlahan dapat menumbuhkan sikap kemandirian para siswa dan tidak membebankan orang tuanya, wirausaha yang mereka lakukan benar-benar mereka lakukan atas inisiatif mereka sendiri bukan karena perintah ataupun paksaan dari orang tua mereka, mereka menjalankan wirausahanya dengan senang hati, tidak ada beban sedikitpun dalam benak mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh siswa yang berwirausaha terhadap prestasi belajar siswa, dan ingin mengetahui seberapa besar pengaruh siswa yang berwirausaha terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bogor. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam peneltian ini instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala likert. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, dan reliabilitas. Setelah menghitung dengan correlation pearson didapatperolehan rxy sebesar 0,49. Pada indeks 0,40 – 0,70 yang berarti terdapat korelasi yang sedang atau cukup antara variabel X dan variabel Y. Ternyata rxy ≥ rtabel sebesar 0,3 sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti ada pengaruh yang sedang atau cukup yang signifikan antara Siswa yang Berwirausaha (Variabel X) terhadap Prestasi Belajar Siswa (Variabel Y) di MAN 1 Kota Bogor.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

FIKRAH

Publisher

Subject

Education

Description

Fikrah : Jurnal Pendidikan Agama Islam published twice a year since 2012 (June and December), is a multilingual (Bahasa, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Islamic Education. This journal is published by the Islamic Education Department, Faculty of Islamic Studies, Ibn ...