Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian, melalui penggunaan media pembelajaran “komuka” (Kantong Mudah Perkalian). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 di SDN 1 Bae yang berjumlah 20 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitataif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan media pembelajaran “komuka” (Kantong Mudah Perkalian) dapat meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif yang dibuktikan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa yang sudah mencapai target. Pada siklus pertama tingkat ketuntasan siswa mencapai 60% dan siklus kedua meningkat menjadi 85%. Kriteria Ketuntasan dalam penelitian ini adalah 75%, sehingga dapat disimpulkan penggunaan media “komuka” (Kantong Mudah Perkalian) dapat meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa kelas 3 di SDN 1 Bae.
Copyrights © 2025