Journal of Economics and Business Aseanomics
Vol. 9 No. 2 (2024): JULI-DESEMBER 2024

Impulsif di Era Digital: Attitude sebagai Mediasi Pengaruh FoMO dan Hedonisme terhadap Impulse Buying

Rio Ahmad Firmansyah (Unknown)
Nur Laili Fikriah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Perkembangan era digital telah mengubah pola konsumsi masyarakat, termasuk integrasi aktivitas belanja dengan media sosial. TikTok telah berkembang menjadi platform tempat konsumen dan penjual dapat berkomunikasi satu sama lain melalui fitur TikTok Shop. Studi ini bertujuan guna menganalisis pengaruh Fear of Missing Out (FoMO) dan hedonisme terhadap impulse buying pada konsumen generasi Z Jiniso.id di TikTok Shop, dengan sikap (attitude) sebagai variabel mediasi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan kuesioner yang dibagikan kepada 149 partisipan Analisis data dilakukan menggunakan SmartPLS 4 dengan pendekatan PLS-SEM. Hasil menunjukkan bahwa FoMO dan hedonisme berpengaruh signifikan terhadap impulse buying dan sikap. Namun, sikap tidak secaralangsung memengaruhi impulse buying dan tidak dapat mengatasi hubungan antara FoMO maupun hedonisme dengan impulse buying. Temuan ini memperkaya pemahaman tentang perilaku pembelian impulsif di platform digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jeba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JEBA merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Pasca Sarjana Universitas YARSI (SPSUY). Jurnal ini diterbitkan secara bekala sebagai wadah untuk mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian konsep dan empiris di bidang ekonomi dan keuangan serta memberikan perhatian yang besar kepada pengembangan ...