Jurnal Konatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 3 No. 1 (2025)

Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 2 Kalibawang, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Himawan, Riswanda (Unknown)
Nurmufida, Annisa (Unknown)
Hermanto, Hermanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kurikulum merdeka di SMPN 2 Kalibawang, Kulonprogo, Daeraha Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif digunakan untuk mendeskrisikan penerapan kurikulum merdeka di SMPN 2 Kalibawang khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bahasa Indonesia, dan peserta didik kelas VII. Objek penelitian ini adalah implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMPN 2 Kalibawang. SMPN 2 Kalibawang dipilih sebagai objek penelitian karena dalam penerapannya sekolah ini mengedepankan kearifan lokal Kulonprogo yang menjadi ciri khas Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pihak sekolah berupaya memaksimalkan proses penerapan Kurikulum Merdeka dengan cara sosialisasi sebagai upaya menyamakan pandangan/persepsi terkait pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 2 Kalibawang belum sepenuhnya menggunakan asas pembelajaran berdiferensiasi. Guru bahasa Indonesia menyesuaikan penggunaan asesmen formatif dan sumatif dengan kebutuhan di lapangan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JKJIP

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal publishes research and study on education management, curriculum, education assessment, education policy, education technology, learning and teaching, and ...