Peserta didik SMA Negeri 1 Gowa kondisi nyata di lapangan menunjukkan hasil belajar yang rendah. Hal ini dilihat dari hasil asesmen diagnostik peserta didik kelas X.2 yang belum ada mencapai ketuntasan yang telah ditentukan. Secara umum peserta didik kelas X.2 mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran yang diberikan. Strategi pembelajaran yang bersifat konvensional (berpusat pada guru) membuat peserta didik kurang berminat dalam mengikuti proses pembelajaran. Untuk mendapatkan solusi dari permasalahan ini maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas X.2 SMA Negeri 1 GOWA melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus pembelajaran dimana masing-masing siklus terdiri dari empat langkah yaitu : 1) Perencanaan (planning), 2) Pelaksanaan atau Tindakan (acting), 3) Pengamatan (observing), 4) Refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Gowa Tahun Pelajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar melalui peserta didik ditandai dengan ketuntasan hasil belajar matematika peserta didik melalui asesmen sumatif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025