Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Ketidakpastian Lingkungan dan Strategi Pemasaran terhadap Peningkatan Penjualan dengan Pengalaman Kerja sebagai variabel moderasi menurut perspektif Maqashid Syariah. Dengan 900 populasi konsumen pada UMKM Serabi Solo Rosonuman Way Halim di Bandar Lampung dan menggunakan perhitungan rumus Taro Yamane atau Slovin didapatkan sampel sebanyak 90 responden konsumen UMKM Serabi Solo Rosonuman dalam pengolahan data. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara dengan uji data pada aplikasi SmartPLS yang menggunakan uji validitas, reliabilitas, multikolinearitas, r-square, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ketidakpastian Lingkungan memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Peningkatan Penjualan. Sementara Strategi Pemasaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Penjualan. Selain itu, Pengalaman Kerja terbukti memoderasi dan memperkuat Ketidakpastian Lingkungan terhadap Peningkatan Penjualan dan Pengalaman Kerja terbukti memoderasi dan memperlemah Strategi Pemasaran terhadap Peningkatan Penjualan. Penelitian ini memiliki literatur terkait usaha mikro, kecil, dan menengah dalam konteks manajemen pemasaran dengan perspektif maqashid syariah agar pendapatan yang dihasilkan memiliki hasil yang sesuai dengan syariah Islam.
Copyrights © 2025