Perpustakaan di sekolah sering kali menghadapi tantangan dalam pengelolaan data dan transaksi peminjaman buku yang masih dilakukan secara manual, mengakibatkan ketidakefisienan dan kesalahan pencatatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan sistem informasi perpustakaan berbasis SLiMS di SMAN 1 Tomia, yang sebelumnya menggunakan sistem manual. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan kualitatif, yang focus pada modifikasi dan penyesuaian SLiMS sesuai dengan kebutuhan perpustakan SMAN 1 Tomia. Penelitian ini mengikuti tahapan System Development Life Cycle (SDLC) yang mencakup analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, pengujian, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan SLiMS di SMAN 1 Tomia berhasil meningkatkan efisiensi pengelolaan perpustakaan, mempermudah peminjaman dan pengembalian buku, serta memperbaiki akurasi pencatatan dan laporan.
Copyrights © 2025