Seiring dengan munculnya peluang kerja dan pendidikan di Jepang bagi warga Indonesia, kebutuhan akan penguasaan bahasa asing, khususnya bahasa Jepang, meningkat. Melalui pembelajaran bahasa yang kontekstual dan aplikatif, lembaga pendidikan nonformal seperti LPK Sakura Gakuin berperan strategis dalam menjawab kebutuhan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki model pembelajaran yang digunakan di LPK Sakura Gakuin dalam konteks pendidikan nonformal. Fokus penelitian ini adalah pada prinsip andragogi dan pendekatan pembelajaran kontekstual (CTL). Untuk mengevaluasi kesesuaian model dengan karakteristik siswa dewasa dan kebutuhan dunia kerja, pendekatan kualitatif-deskriptif digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis konteks nyata, dikombinasikan dengan pendekatan partisipatif dan berbasis pengalaman, dapat meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik, meningkatkan pemahaman mereka tentang budaya Jepang, dan meningkatkan kemampuan mereka untuk berkomunikasi di lingkungan kerja Jepang. Selain itu, penggunaan platform digital seperti program kelas online LPK Sakura Gakuin membantu peserta belajar mandiri secara berkelanjutan. Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran pendidikan nonformal harus dibuat secara fleksibel, relevan, dan berkolaborasi agar mampu menanggapi dinamika globalisasi dan tuntutan dunia kerja lintas negara.
Copyrights © 2025