Menurut data dari Badan Pusat Statistik, bidang industri yang semakin berkembang pada saat ini adalah bidang industri makanan atau pangan, hal ini dibuktikan dengan adanya kenaikan jumlah perusahaan makanan sebesar 12% setelah pandemi, salah satu industri yang mengalami kenaikan adalah indsutri produk madu, Hal tersebut berbanding lurus dengan persaingan pangsa pasar dan menuntut perusahaan agar terus menjaga dan meningkatkan standar kualitas produknya, masalah lain yang muncul adalah produk yang dipasarkan memiliki kesamaan dengan produk yang dipasarkan oleh produsen yang lain sehingga produsen akan berkompetisi untuk membuat perbedaan dari produknya agar mudah dikenali oleh masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui positioning produk dan mengetahui atribut-atribut apa saja yang diunggulkan dari sebuah merk. Pendekatan yang diguanakan dalam penelitian ini adalah analisis Multidimensional Scalling dan dibaca melalui Perceptual Mapping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk madu yang berada di pasaran terbagi menjadi 3 jenis kemasan yakni sachet, botol plastik dan botol kaca. Dalam produk sachet, Merk TJ berada dalam posisi ke-1 karena madu TJ unggul hampir dalam semua atribut, Dalam produk botol plastik, Merk Madurasa berada dalam posisi ke-1 karena madu Madurasa unggul 5 dari 10 atribut, dan Dalam produk botol kaca, Merk Nusantara berada dalam posisi ke-1 karena madu TJ unggul hampir dalam semua atribut.
Copyrights © 2025