Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2025): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita ditinjau dari Gaya Kognitif

Fitriyani, Eka (Unknown)
Prayito, Muhammad (Unknown)
Harun, Lukman (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan bagaimana kamampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya kognitif. Berdasarkan tujuan tersebut penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas X di SMA Muhammadiyyah Tawangharjo yang dipilih dengan purposive sampling. Subyek yang dipilih dalam penelitian ini yaitu 4 siswa, yang terdiri dari 2 siswa yang bergaya kognitif reflektif dan  2 siswa yang bergaya kognitif impulsif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu MFFT, tes kemampuan penalaran, wawancara serta dilengkapi dengan dokumentasi.. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data reduction, Data Display,dan  Verivication. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa soal, memeriksa kesahihan dari pernyataan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa siswa bergaya kognitif reflektif mampu menguasai empat indikator penalaran sedangkan siswa bergaya kognitif impulsif hanya mampu menguasai dua indikator penalaran yaitu  melakukan manipulasi matematika dan memeriksa keshahihan dari pertanyaan.                                                                                                                                               

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...