utile: Jurnal Kependidikan
Vol. 11 No. 1 (2025): utile : jurnal Kependidikan

Implementasi Pendekatan Saintifik Dengan Cooperative Learning terhadap Motivasi Siswa pada Pembelajaran PJOK

Rozak, Walid Fathur (Unknown)
Muhad Fatoni (Unknown)
Gatot Jariono (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas model Pendekatan Saintifik dengan Cooperative Learning terhadap motivasi siswa pada pembelajaran PJOK SMA Negeri 1 Weru. Subjek penelitian adalah dua kelas, yaitu kelas XI fase F-4 dan kelas XI fase F-6. Instrumen yang digunakan dengan kuesioner. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil observasi awal dan analisis nilai pretes, diketahui bahwa keterlibatan dan motivasi siswa terhadap pembelajaran PJOK pada kategori rendah. Setelah diberikan perlakuan berupa penerapan model pembelajaran Pendekatan Saintifik dengan Cooperative Learning dan melaksanakan postes, terdapat peningkatan signifikan pada nilai postes siswa. Hasil uji signifikansi menunjukkan adanya peningkatan keterlibatan dan motivasi siswa terhadap pembelajaran PJOK, yang ditunjukkan dengan perbedaan rata-rata nilai pretes kelas fase F-4 (94,40), fase F-6 (90,84) dan postes kelas Fase F-4 (90,28), Fase F-6 (91,36). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan terdapat pengaruh bahwa model pembelajaran Pendekatan Saintifik dengan Cooperative Learning dalam meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa terhadap pembelajaran PJOK SMA Negeri 1 Weru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JUT

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Utile: Jurnal Kependidikan (E-ISSN: 2599-1124) (P-ISSN: 2460-2086) adalah jurnal ilmiah berkala nasional yang menerbitkan tulisan dari hasil penelitian ataupun buah pemikiran (kajian teori) dengan fokus dalam bidang kependidikan dan pengajaran. utile: Jurnal Kependidikan diterbitkan oleh Fakultas ...