Emanasi Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial
Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Emanasi Volume 8 Edisi 1 Tahun 2025

Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Salis, Sahsul Halim Zulkarnain (Unknown)
Anggreini, Novita (Unknown)
Sa'diyah, Rika (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah adalah pendekatan pedagogis yang berpusat pada siswa, dengan menekankan pembelajaran aktif melalui keterlibatan dalam menyelesaikan masalah dunia nyata. Tujuan utama dari Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah adalah memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan mempersiapkan siswa untuk menjadi pembelajar seumur hidup yang mandiri, kreatif, dan mampu menghadapi tantangan yang ada di dunia modern. Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah memiliki beberapa karakteristik, antara lain:1) Pembelajaran Aktif, 2) kolaboratif 3) fleksibilitas. Dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah, siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalah, serta mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan di dunia modern yang kompleks dan berubah-ubah. Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah juga dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan kerja sama dan komunikasi, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam menghadapi masalah yang kompleks. Kata Kunci: Strategi; Pembelajaran Berbasis Masalah; Pendidikan Agama Islam

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

emanasi

Publisher

Subject

Religion

Description

Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial, merupakan jurnal yang dikelola oleh Asosiasi Dosen Peneliti Ilmu Keislaman dan Sosial (ADPIKS) , terbit dua kali dalam setahun, Oktober dan April. Jurnal Emanasi merupakan media diskusi ilmiah dalam ilmu keislaman dan ilmu ...