Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 11 No 5.C (2025): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 

Pengaruh Guerrilla Marketing Dan Product Innovation Terhadap Keputusan Pembelian Tehbotol Sosro

Sari, Bintang Permata (Unknown)
Mardhiyah, Ainun (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2025

Abstract

ersaingan bisnis di masa sekarang semakin sengit terutama dalam industri minuman kemasan. Salah satu industri yang memiliki pangsa pasar yang besar adalah Tehbotol Sosro. Oleh karena itu pelaku bisnis semakin kreatif dalam upaya pemasaran dengan menggunakan strategi pemasaran nonkonvensional yaitu guerrilla marketing dan menyesuaikan produk pada kebutuhan konsumen yang beragam melalui dengan product innovation agar dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh guerrilla marketing dan product innovation terhadap keputusan pembelian konsumen Teh botol Sosro di Kota Medan. Pengaruh guerrilla marketing dan product innovation akan dianalisis secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian. Bentuk penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Pengambilan sampel dilakukan melalui metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Tehbotol Sosro di Kota Medan, dengan sampel yang berjumlah 100 responden. Data primer yang digunakan diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara langsung dan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan uji instrumen, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel guerrilla marketing (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian, nilai t-hitung sebesar 5,895 > 1,985 dengan nilai sig 0 < 0,05 serta nilai koefisien regresi bernilai 0,355. Variabel product innovation (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian diperoleh nilai t-hitung sebesar 2,18 > 1,985 dengan nilai sig 0 < 0,32 serta nilai koefisien regresi yang bernilai 0,316. Pada pengujian simultan variabel guerrilla marketing (X1) dan product innovation (X2) berpengaruh secara simultan sebesar 45,4% sedangkan 54,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...