Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual
Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Gestalt : Desain Komunikasi Visual

Perancangan Video Profile UMKM Istana Buah di Trawas Sebagai Media Promosi dan Identitas Visual

Delonix, Yudha (Unknown)
Yani, Aditya Rahman (Unknown)
Setiawan, Bayu (Unknown)
Chidtian, Aileena Solicitor Costa Rica El (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2025

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia yang berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan lokal. Salah satu UMKM yang bergerak di sektor pertanian dan oleh-oleh adalah Istana Buah, berlokasi di kawasan wisata pegunungan Trawas, Jawa Timur. UMKM ini menawarkan berbagai buah segar dan olahan keripik sebagai alternatif oleh-oleh bagi wisatawan. Namun, keterbatasan media promosi membuat eksistensi UMKM ini belum dikenal secara luas oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah video profil sebagai media promosi digital yang mampu memperkenalkan identitas, suasana, serta produk dari Istana Buah secara menarik dan informatif. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan bantuan teknik analisis 5W1H (What, Who, Where, When, Why, dan How) untuk menggali potensi dan kebutuhan promosi UMKM secara komprehensif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa video profil berperan penting dalam membangun citra usaha, meningkatkan daya tarik konsumen, dan memperluas jangkauan pemasaran UMKM secara digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

gestalt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal GESTALT merupakan terbitan berkala ilmiah Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Arsitektur dan Desain, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur. Jurnal Gestalt Terbit dua kali setahun pada bulan juni dan ...