Aptana: jurnal Ilmu dan Humaniora
Vol 1 No 1 (2025): Aptana: Jurnal Ilmu & Humaniora Vol. 01 No. 01 2025 Edisi Juli

ADMINISTRASI TATA KELOLA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN

Listia, Dewi (Unknown)
Pratiwi, Vinni Dini (Unknown)
Irfani, Amira (Unknown)
Rahim, Abdul (Unknown)
Putri, Faddilah Syah (Unknown)
Tarigan, Maya Natalia Br (Unknown)
Fauzi, Zihan Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai administrasi tata kelola dalam pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literatur. Tata kelola pendidikan merupakan pemanfaatan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan peningkatan kualitas pendidikan yang ada. Fungsi utama dari tata kelola pendidikan adalah untuk menciptakan sistem pendidikan yang efektif dan efisien serta mendukung pencapaian tujuan pendidikan yang lebih baik. Tata kelola pendidikan melibatkan kebijakan, manajemen, SDM, keuangan, pengawasan, dan partisipasi stakeholder. Semua elemen ini bekerja sama untuk memastikan sistem pendidikan yang efisien dan berkualitas. Administrasi tata kelola dalam pendidikan adalah struktur dan proses yang dibuat berdasarkan keputusan lembaga pendidikan baik perguruan tinggi maupun sekolah, meliputi peran kelompok tertentu dalam lembaga dan menyangkut praktek pengambilan keputusan. Tata kelola administrasi pendidikan mencakup pengelolaan tata laksana sekolah, personil guru dan pegawai, peserta didik, supervisi pengajaran, pembinaan kurikulum, sarana dan prasarana, serta hubungan dengan masyarakat untuk mendukung kelancaran proses pendidikan. Oleh karena itu, perbaikan dan penguatan tata kelola administrasi pendidikan harus terus dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mendukung perkembangan siswa secara optimal

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Aptana memuat tentang artikel hasil penelitian dan kajian konseptual rumpun ilmu pendidikan & humaniora. Secara garis besar topik utama yang diterbitkan adalah : Pendidikan Sekolah Dasar Pendidikan Agama Pendidikan Olahraga Kewirausahaan Filsafat Ilmu Ilmu Teori dan ...