Setelah menyelesaikan pendidikan di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), siswa harus memilih dua pilihan utama, yaitu melanjutkan penidikan ke perguruan tinggi (S1) atau langsung memasuki dunia kerja. Namun, sebelum mencapai tahap tersebut, siswa sering mengalami kesulitan dalam menentukan jurusan yang tepat selama masa SMA. Pemilihan jurusan yang tidak sesuai dapat berdampak negatif terhadap motivasi belajar siswa, hasil akademik, serta berpengaruh buruk terhadap masa depan mereka. Oleh ebab itu, peran dari seorang guru sangat penting didalam membantu seorang siswa dalam menentukan jurusan yang sesuai dengan kemampuan dan minat mereka. Untuk mendukung proses ini, penelitian ini mengembangkan sebuah sistem prediksi pemilihan jurusan dengan memanfaatkan algoritma decision tree C4.5. Algoritma ini digunakan untuk mengolah data siswa berdasarkan beberapa atribut, antara lain nilai Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Bahasa Inggris. Melalui proses pelatihan dan pengujian data, sistem ini menghasilkan model klasifikasi yang mampu memberikan rekomendasi jurusan secara lebih objektif dan akurat. Implementasi sistem ini diharapkan dapat membantu guru dan staf sekolah dalam mengambil sebuah keputusan yang tepat terkait penjurusan siswa, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih optimal dan dapat memberikan dampak positif terhadap perencanaan karier siswa di masa depan. Sistem ini juga berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut dengan menambahkan variabel pendukung lainnya guna meningkatkan tingkat akurasi.
Copyrights © 2025