Lontar Physics Today
Vol 4, No 2 (2025): June 2025

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Efficacy Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Scratch Pada Materi Gerak Parabola

Rakhmawati, Rakhmawati (Unknown)
Wahyuni, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Sebagian pembelajaran fisika di sekolah masih bersifat konvensional, dengan fokus pada pemberian materi dan soal kepada peserta didik. Terdapat modul ajar yang digunakan sudah berbasis Discovery Learning, tetapi implementasinya belum optimal dan kurang memanfaatkan media pembelajaran interaktif. Akibatnya, kemampuan berpikir kritis dan self efficacy peserta didik belum terlatih dengan baik selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan upaya penyediaan bahan ajar yang dapat mendorong hal itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul ajar berbasis Problem Based Learning  dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta self efficacy peserta didik melalui penerapan model PBL berbantuan Scratch pada materi gerak parabola. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Quasi-Experiment menggunakan teknik One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian terdiri atas 36 siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen Demak, dengan pelaksanaan penelitian pada bulan Oktober hingga November 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar berbasis PBL dengan media Scratch dinyatakan layak digunakan oleh tiga validator ahli dengan skor rata-rata 91,3%. Implementasi model PBL berbantuan media Scratch juga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan nilai N-Gain sebesar 0,39 termasuk dalam kategori sedang dan tingkat self efficacy peserta didik ke dalam kategori tinggi. Kata kunci: Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Self Efficacy

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

upt

Publisher

Subject

Education Physics

Description

LONTAR PHYSICS TODAY is a scientific journal published by the Physics Education Study Program, Universitas PGRI Semarang with the scope of all areas in the fields of physics and physics education. Lontar Physics Today papers will be published three times a year on February, June, and Nopember by ...