Lontar Physics Today
Vol 4, No 2 (2025): June 2025

Geofisika dan Geokimia Lahan Gambut Terdegradasi Tanah Timbun

Manik, Tetti Novalina (Unknown)
Purba, Santi Carolina (Unknown)
Khayanti, Yuni Sri (Unknown)
Haryanti, Ninis Hadi (Unknown)
Sudarningsih, Rusdiansyah (Unknown)
Siregar, Simon Sadok (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis proyek yang valid dan praktis untuk melatihkan creative thinking skills dan self-regulated learning pada materi energi alternatif. Jenis penelitian ini adalah Design and Development Research (DDR) yang diadaptasi dari Richey Klien (2007) dengan menggunakan uji validitas yang terdiri atas validasi empiric dan validasi expert, serta uji kepraktisan yang terdiri atas uji keterbacaan, uji persepsi guru, dan uji respon peserta didik, uji keefektifan terdiri atas hasil analisis terlatihnya creative thinking skills dan self-regulated learning dalam kelompok kecil. Hasil uji validasi empiric dilihat berdasarkan keberhasilan produk biobaterai. Hasil uji validasi expert didapatkan rata-rata nilai dari ketiga expert sebesar 3,24, dengan rata-rata nilai pada aspek media dan desain diperoleh sebesar 3,32 dengan kategori sangat valid, dan aspek materi dan konstruk diperoleh sebesar 3,15 dengan kategori valid. Hasil uji kepraktisan diperoleh skor rata-rata untuk uji keterbacaan sebesar 83,8% dengan kategori sangat praktis, uji persepsi guru sebesar 87,3% dengan kategori sangat baik, serta uji respon peserta didik sebesar 84,7% dengan kategori sangat baik, didapatkan rerata skor uji kepraktisan sebesar 85,3% dengan kategori sangat praktis. Uji keefektifan dilihat berdasarkan hasil analisis terlatihnya creative thinking skills diperoleh hasil 81% dan analisis terlatihnya self-regulated learning diperoleh hasil 83,6%. Telah dihasilkan LKPD untuk melatihkan creative thinking skills dan self-regulated learning yang valid, praktis, dan efektif dalam kelompok kecil.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

upt

Publisher

Subject

Education Physics

Description

LONTAR PHYSICS TODAY is a scientific journal published by the Physics Education Study Program, Universitas PGRI Semarang with the scope of all areas in the fields of physics and physics education. Lontar Physics Today papers will be published three times a year on February, June, and Nopember by ...