Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 2 (2025): Vol. 5 No. 2 Edisi Mei 2025

PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Murni, Sri Dewi (Unknown)
Danil, M. (Unknown)
Aldyza, Nadia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada materi klasifikasi makhluk hidup di tingkat sekolah dasar. Masalah yang dihadapi dalam pembelajaran IPA di SDN 8 Peusangan Selatan, Kabupaten Bireuen, mencakup rendahnya pemahaman siswa tentang konsep klasifikasi makhluk hidup serta terbatasnya media pembelajaran dan metode pengajaran yang kurang inovatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-test dan post-test, melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model PBL dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil analisis menunjukkan bahwa model PBL berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil pre-test dan post-test dianalisis menggunakan uji statistik t-test, dan observasi kualitatif dilakukan untuk melihat keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa PBL efektif dalam meningkatkan pemahaman konseptual siswa tentang klasifikasi makhluk hidup dan memberikan dampak positif pada motivasi dan keterampilan berpikir kritis siswa.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...