Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 2 (2025): Vol. 5 No. 2 Edisi Mei 2025

IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TaRL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIKA SISWA KELAS I SDN PANDEANLAMPER 03

Karisa, Pramaisheilla Ninda (Unknown)
Reffiane, Fine (Unknown)
Maryati, Maryati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas IA SDN Pandeanlamper 03, diperoleh bahwa kemampuan numerasi siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas IA SDN Pandeanlamper 03. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian Mixed Method yang memadukan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Dalam tahap ini, guru mengelompokkan siswa menjadi 3 kelompok berdasarkan kemampuan. Kelompok satu yaitu kelompok mahir. Kelompok kedua siswa dengan kemampuan cukup. Kemudian kelompok ketiga siswa yang belum bisa bahkan belum lancar menghitung. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pendekatan TaRL efektif dibuktikan dengan hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara nilai pretest dan posttest. Sedangkan hasil uji n-gain diperoleh 0,62 dimana termasuk dalam kriteria sedang yang artinya ternjadi peningkatan rata-rata hasil belajar antara pretest dan posttest. Simpulan pada penelitian ini adalah penerapan pendekatan TaRL efektif untuk meningkatkan kemampuan numerasi Matematika siswa kelas IA SDN Pandeanlamper 03.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...