Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran kompetensi guru PAK dalam penerapan Kurikulum Merdeka berbasis digital melalui studi literatur yang menganalisis kompetensi guru, perubahan kurikulum, dan integrasi teknologi dalam pembelajaran. Tulisan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Hasil kajian menunjukkan bahwa kompetensi guru PAK mencakup aspek pedagogis, profesional, sosial, dan pribadi yang mendukung efektivitas pembelajaran digital. Selain itu, guru berperan penting dalam membimbing siswa untuk memahami serta mengaplikasikan nilai-nilai Kristen dalam kehidupan sehari-hari, meskipun menggunakan media digital. Selanjutnya, blended learning dipakai untuk mengimplementasikan pada kurikulum merdeka. Kendala utama dalam implementasi kurikulum ini meliputi keterbatasan infrastruktur teknologi dan kesenjangan dalam pelatihan guru. Oleh karena itu, peningkatan kompetensi digital guru PAK serta penyediaan dukungan teknis yang memadai menjadi faktor utama dalam keberhasilan penerapan Kurikulum Merdeka berbasis digital dalam pendidikan agama Kristen.
Copyrights © 2025