Adapun tujuan penelitian adalah: 1. Untuk mengetahui analisis strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan jumlah penginap di Hotel Pantai Indah, 2. Untuk mengetahui hasil strategi yang digunakan HotelĀ  Pantai Indah, 3.Untuk mengetahui tanggapan konsumen terhadap staregi yang digunakan. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Sumber informan yang digunakan yaitu pemilik hotel, manager dan supervisor dan pengunjung Hotel. Instrumen Pengumpulan Data melalui Observasi, Studi Pustaka, Wawancara. Teknik Analisis Data melalui uji Validasi Data dan Triangulasi. Tahap Analisis Data melalui Data Reduction, Data Display dan Conclusion Drawing/Verifying dan melakukan Matrik SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Komunikasi pemasaran dalam meningkatkan jumlah penginap di Hotel berdasarkan hasil matrik IFAS, faktor strenght (kekuatan) dan weakness (kelemahan) menandakan bahwa secara internal penerapan strategi komunikasi pemasaran berjalan dengan baik. 2. Hasil strategi yang diberikan Hotel mendapat kepercayaan dari masyarakat sehingga menggunakan jasa perhotelan yang diberikan masih dalam keadaan kuat hingga mampu bersaing dengan hotel-hotel pesaing yang ada di Kabupaten Mamuju. 3. Berdasarkan hasil matrik EFAS, faktor opportunity (peluang) dan threat (ancaman) mengindikasikan bahwa Hotel Pantai Indah mendapat respon yang baik dari konsumen atau pengguna jasa terkait dengan strategi komunikasi yang diterapkan Hotel Pantai Indah di Kabupaten Mamuju
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023