Wildan
Vol. 3 No. 1 (2024): Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Pengaruh Metode Inside-outside circle Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas III Di SDI As-Syafiiyah Kota Bekasi

Yuli Diah Saptorini (Unknown)
Indah Rira Pramesti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2024

Abstract

Penelitian dengan metode eksperimen kuantitatif bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inside -outside circle terhadap hasil belajar pada mata Pelajaran PAI kelas III di SDI As-Syafiiyah Kota Bekasi. Data yang diperoleh oleh peneliti melalui tes essaydari siswa kelas III sebanyak 208 siswa dan 14 orang tenaga pendidik serta beberapa staf dan karyawan. Peneliti melakukan penelitian di dua kelas yaitu, kelas eksperimen dan kelas control. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dibuktikan dengan hasil analisis menggunakan uji-t diperoleh skor rata-rata posttest kelas eksperimen 81, lebih tinggi dari skor rata-rata posttest kelas kontrol. Hasil uji statistik menunjukan bahwa α = 0,05 diperoleh nilai thitung > ttabel ( 37,488 > 2,080 ), hal ini menunjukan maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode inside-outside circle terhadap hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran PAI kelas III di SDI As-Syafiiyah Kota Bekasi sebesar 65% dan 35% dipengaruhi oleh factor lain. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode inside-outside circle terhadap hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran PAI kelas III di SDI As-Syafiiyah Kota Bekasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wildan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Wildan publishes research articles, case reports and review articles. Publications on Wildan cover the following topics: Early Childhood Education. Basic education Mathematics and Science Education. Guidance and Counseling Education. Education technology. Character building. Special Needs Education. ...