Wildan
Vol. 3 No. 1 (2024): Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Analisis Deskriptif Penggunaan Metode Cerita Bergambar Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Islam Terpadu An-Nida Kabupaten Bekasi

Lisana Sidkin Aliya (Unknown)
Tine Mulyaningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode cerita bergambar terhadap konsentrasi belajar anak di TK Islam Terpadu An-Nida. Kabupaten Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Subjek penelitian adalah kelas A usia 4-5 tahun sebanyak 10 anak di TK Islam Terpadu An-Nida Kabupaten Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa penggunaan metode cerita bergambar berkaitan dengan konsentrasi belajar anak di TK Islam Terpadu An-Nida. Peran guru dalam penggunaan metode cerita bergambar ini memudahkan antara guru dan anak terjalin komunikasi yang baik dengan cara membacakan cerita bergambar atau dongeng. Faktor yang menghambat konsentrasi anak bisa diatasi dengan berbagai macam solusi. Kelebihan pada penggunaan metode ini anak dapat memilih tema yang disesuaikan dengan minatnya sehingga konsentrasinya berjalan dengan baik dan kekurangannya bisa diatasi dengan guru sabar membimbing, mengajarkan dan mengulang setiap hari apa yang menjadi kesulitan anak dalam penggunaan metode bergambar. Solusi untuk anak yang kesulitan konsentrasi bisa diatasi melalui kerja sama antar guru, dan guru dengan orang tua murid.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wildan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Wildan publishes research articles, case reports and review articles. Publications on Wildan cover the following topics: Early Childhood Education. Basic education Mathematics and Science Education. Guidance and Counseling Education. Education technology. Character building. Special Needs Education. ...