BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi
Vol. 7 No. 1 (2025): BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Argumentasi Peserta Didik pada Materi Ekologi di SMP IT Ad Durrah Medan

Zahra, Laila Thursina (Unknown)
Amrizal, Amrizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan argumentasi peserta didik beserta peningkatan kemampuan argumentasi peserta didik setelah diajarkan menggunakan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian two group pre test-pos test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP IT Ad Durrah Medan yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian diambil secara random sampling terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model konvensional. Penelitian ini menggunakan instrumen tes uraian yang terdiri dari 3 soal yang telah divalidasi. Data yang diperoleh hasil penelitian ini dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat diambil kesimpulan yaitu: 1). Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan argumentasi peserta didik pada materi ekologi di kelas VII SMP IT Ad Durrah Medan; 2). Terdapat peningkatan yang signifikan dari penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan argumentasi peserta didik di kelas VII SMP IT Ad Durrah Medan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biocons

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Education Energy

Description

BIO-CONS : Jurnal Biologi dan Konservasi, receiving and publishing article in the form of research (scientific article) in the field of biology and conservation education, also utilization of biological research in learning. Moreover, this journal bridges the gap between research and practice, ...